Virtual Fish

Selasa, 16 November 2010

Ikan Singa (Lion Fish)




Ikan Singa (Lionfish), Pterois volitans, masuk dalam family Scorpaenidae,family ini adalah rumah bagi beberapa spesies yang paling berbisa di dunia ikan dan Lionfish jelas bukan pengecualian. Jika mungkin, Anda tidak harus berusaha untuk menyentuh atau menangani Lionfish karena dapat memberikan sengatan, menyakitkan berbisa. Daerah yang tersengat ini dapat sakit selama beberapa hari dan orang yang sensitif dapat menjadi sakit parah dan berkembang pada gangguan pernafasan. Anda dapat menghindari sengatan Lionfish dengan tidak pernah mencapai ke celah-celah gelap dan hollows ketika Anda snorkeling dan menyelam scuba dekat terumbu di daerah di mana Lionfish tinggal. Jika anda berencana untuk memelihara Lionfish di aquarium, penting untuk mencari saran dari orang yang sudah berpengalaman mengenai perawatan yang tepat dan penanganan Lionfish dan bagaimana bertindak jika tersengat.

Lionfish dapat mencapai ukuran 30-38 cm dan karenanya harus diberi aquarium sangat besar jika anda ingin memeliharanya. Lionfish memiliki 14 sirip dada (pectoral rays) halus yang terlihat hampir seperti bulu, dan "tentakel" yang panjang menonjol di atas mata.Lionfish memiliki sebuah tonjolan tulang yang terdapat di pipi dan mata serta hidung sebagian ditutupi oleh flaps. Salah satu perbedaan antara volitans Pterois dan semua anggota lain dari family Scorpaenidae adalah kenyataan bahwa yang pertama memiliki 13 duri punggung sementara semua yang lain tidak memiliki lebih dari 12.

Lionfish adalah asli dari perairan Indo-Pasifik.Lionfish dewasa adalah hewan soliter yang hanya mencari satu sama lain selama periode penangkaran, tetapi spesimen remaja sering ditemukan hidup bersama dalam kelompok. Sebagai ikan yang sudah dewasa, masing-masing dasi Lionfish akan mengklaim wilayahnya sendiri dan berusaha keras untuk mempertahankannya terhadap setiap anggota lain dari spesies sendiri, tanpa memandang jenis kelamin. Ketika berkelahian Lionfish mencoba untuk menyengat satu sama lain dengan duri berbisa mereka yang dipunggung.Lionfish jantan bahkan lebih agresif daripada betina, terutama ketika bersaing atas pasangan yang cocok. Seperti yang Anda lihat, memelihara Lionfish dewasa bersama di aquarium yang sama bukan ide yang baik.

Lionfish ini aktif pada malam hari dan menghabiskan siang hari untuk bersembunyi di celah-celah . Saat matahari terbenam, ia akan meninggalkan tempat persembunyian dan mulai bergerak dengan cara yang sangat anggun dengan cahaya lembut yang berkilau pada sirip punggung dan belakang. Hal ini umum bagi Lionfish saat telah selesai makan dalam waktu kurang dari satu jam, tetapi Lionfish masih akan menghabiskan sisa malam di tempat terbuka sampai pagi hari.

0 komentar:

Posting Komentar