Virtual Fish

Senin, 08 November 2010

Guppy, Fancy Guppy




Guppy adalah ikan hias air tawar yang cocok sekali buat hobbies pemula dikarenakan tahan terhadap lingkungan aquarium yang kurang memadai dan juga merupakan ikan ternak yang sangat produktif. Perbedaan jantan dengan betinanya sangat signifikan yaitu dapat diliat dari ukuran tubuh dan warna. Guppy jantan lebih cerah warnanya, badannya relatif lebih kecil dan sirip ekornya lebih berwarna dan besar sedangkan guppy betina biasaya tubuh lebih besar, warnanya tidak begitu cerah dan sirip ekornya lebih kecil.
Mereka tipe livebearers artinya beranak dan anaknya sudah bisa berenang diwaktu lahir. Biasanya Guppy betina dapat melahirkan sekitar 4 - 70 ekor anak ikan. jika di tinggalin di aquarium yang bercampur dengan ikan lain, maka anak ikannya akan dimakan oleh ikan lain bahkan oleh jenisnya sendiri.

karena merupakan tipe ikan yang mudah diperbanyak (alias tukang lahirin) maka dalam pemeliharaannya harus berpikir 2 kali dalam pemilihan betina atau jantan. Jika tidak menginginkan populasi di aquarium anda kepenuhan maka sebaiknya pilih 1 jenis kelamin saja.

Nama Latin: Poecilia reticulata
Nama Biasa: Guppy, Fancy Tail Guppy, Millions Fish, Rainbow Fish
Level : Easy, Sangat cocok untuk pemula
Size : 2 inches (5 cm)
keasaman air (pH) : 7 - 8
Suhu : 66°F - 84°F (19°C - 29°C)
Water Hardness : 10° to 20° dH
Umurnya: 3 - 5 years
Habitat : Central America
Sifatnya : Tidak Agresif
Reproduksi : Beranak
Cocok dengan ikan: Segala yang sama ukurannya dan tidak agresif
Pakan : flakes, pakan beku, hampir segala jenis pelet
Jenis kelamin : Gampang, Guppy jantan lebih cerah warnanya, badannya relatif lebih kecil dan sirip ekornya lebih berwarna dan besar sedangkan guppy betina biasaya tubuh lebih besar, warnanya tidak begitu cerah dan sirip ekornya lebih kecil.

0 komentar:

Posting Komentar